Tutorial Blog
Terima kasih anda sudah berkenan mengunjungi blog Kanak Sasak, disini saya akan memberikan informasi dan hal-hal menarik tentang semua hal di pulau Lombik (Sasak) , semoga informasi yang saya berikan dapat menambah wawasan anda tentang Pulau Lombok (Sasak)

Rabu, 04 April 2012

PESONA DAN TEMPAT-TEMPAT PARIWISATA DI LOMBOK


Lombok saat ini dikenal sebagai pulau Bali masa lalu sebelum hiruk pikuk wisatawan saat ini. Dengan pemandangan pantai yang indah, air terjun memikat, Gunung Rinjani yang menjulang tinggi dan merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia dikombinasikan dengan wisatawan yang relatif sedikit, Lombok adalah surga bagi wisatawan.

Pulau Lombok saat ini telah menjadi salah satu Ikon wisata Indonesia, Keindahan pulau lombok tiada duanya di Indonesia, Keramahan masyarakat Sasak, Keindahan pantainya yg sangat putih, terumbu karang dan kekayaan hayati yg luar biasa, Kemegahan Gunung Rinjani serta keunikan budaya sasak banyak mengundang decak kagum wisatawan dalam dan luar negeri.
Keindahan Pulau Lombok dan eksotismenya akan mengundang Anda dan pasangan untuk berbulan madu disini. Begitu juga dengan exotisme Pulau Gilis juga akan mengundang anda untuk menikmati keindahan pulaunya.

Pulau Lombok dan pulau Bali dipisahkan oleh Selat Lombok yang merupakan batas biogeographical antara fauna Indo-Malaysia dan fauna Australasia. Batas ini dikenal sebagai Line Wallacean, setelah Alfred Russel Wallace yang pertama berkomentar atas perbedaan mencolok antara hewan yang ditemukan di sebelah barat Indonesia dengan sebelah timur Indonesia, dimana hewan-hewan di sebelah timur selat lombok lebih mirip hewan – hewan yang ditemukan di Australia.
Bahasa lokal masyarakat Lombok adalah bahasa Sasak, namum tidak perlu khawatir karena kebanyakan dari mereka juga mengerti bahasa Indonesia, dan sebagian kecil bisa berbahasa Inggris terutama para pelaku pariwisata.

Beberapa Tempat Wisata di Lombok antara lain :

Pantai Senggigi Lombok
Pantai Senggigi merupakan salah satu pantai yg terkenal di Pulau Lombok, saat ini bertebaran hotels, resorts, villas dan bungalows yg tumbuh bak jamur di musim hujan,.
Keindahan senggigi mengundang decak kagum wisatawan dan pantai ini sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara.

Pulau Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air
Pulau Gili merupakan salah satu pulau terindah yang terletak di lepas barat laut Pulau Lombok, terdapat tiga Pulau Gili, yaitu Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan. Ketiga Pulau ini memiliki pemandangan yang sangat indah dengan pantainya yang yang putih bersih dan airnya yang sangat jernih. Kawasan di sekitar tiga Pulau ini dikenal memiliki taman laut yang sangat indah yang menjadi habitat aneka ikan yang indah berwarna-warni Gili berarti pulau kecil dalam bahasa Sasak (suku asli P Lombok), sejatinya masih banyak Gili di sekitar pulau Lombok, tetapi yang merupakan tujuan utama pariwisatawan terutama turis asing ialah Gili Trawangan. Untuk mencapai Gili, anda bisa menggunakan transportasi laut dari lombok maupun Bali.



Kawasan Tiga Gili yang letaknya di Desa Gili Indah, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Barat-NTB. Gili merupakan pulau-pulau kecil nan indah yang banyak dijumpai di Lombok Barat. Dari sekian pulau yang ada di Lombok Barat, sampai saat ini baru tiga pulau (gili) yang ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Pantai Kuta Selatan Pulau Lombok
Pantai kuta Lombok adalah sebuah pantai yang memiliki keindahan yang sangat luar biasa, pantai yang berpasir putih dihiasi dengan birunya air dengan gradasi hijau  di karenakan habitat bawah lautnya masih sangat terjaga kelestariannya

Ombak yang lumayan besar juga menjadikan tempat ini sebagai salah satu surga bagi para pecinta surfing baik itu para surfer lokal ataupun Non Lokal.Pantai Kuta Lombok adalah sebuh pantai terpencil di pedalaman Lombok yang memiliki keindahan menakjubkan. Pasir di pantai ini unik, bentuknya seperti buah merica dengan bulir-bulir yang besar berwarna putih, airnya jernih dengan gradasi warna biru yang menawan, suasananya jauh dari keramaian, cocok untuk anda yang bosan dengan hiruk pikuk kota besar. 

 
Tanjung Aan adalah sebuah pantai yang terletak di sebelah selatan pulau Lombok, letaknya tidak jauh dari pantai Kuta Lombok atau tepatnya bersebelahan. Berbeda dengan senggigi atau Kuta, tanjung Aan merupakan pantai yang sepi. 




Taman Nasional Gunung Rinjani Lombok
Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya dgn Danau Segara Anaknya.


Panorama & Budaya Lombok
Objek wisata lain di Pulau Lombok yang menarik dikunjungi adalah Desa Sade. Desa tradisional suku Sasak ini terletak 30 kilometer dari Bandar Udara Selaparang, Mataram. Rumah penduduk Desa Sade masih tampak asli yang terbuat dari bambu. Lantai rumah juga bukan terbuat dari semen melainkan tanah liat. Alhasil, warga biasa membersihkan lantai dengan kotoran kerbau agar debu mudah dihilangkan.


Sukarere
Adalah tempat anda melihat pengrajin membuat kerajinan langsung di tempatnya, apabila anda ingin membeli sebagai souvenir juga harga yang ditawarkan lebih murah. Selain itu juga anda bisa melihat pengrajin tenun kain khas Lombok di desa Sukarana selain itu juga anda bisa mencoba lansung membuat kerajinan kain tenun dengan di ajarkan lansung oleh pengerajinnya



Air Terjun Sindang Gila
Sebuah air terjun yang cukup indah yang terletak di dekat Senaru, sayangnya pengelolaannya masih kurang professional dengan banyaknya pemandu wisata dari masyarakat local yang sering memaksa dan meminta uang kepada wisatawan yang berkunjung. Air terjun ini terletak di sebelah utara pulau Lombok



Tidak ada komentar:

Posting Komentar